Laman

Rabu, 02 Desember 2015

STEVE VAI


Dilahirkan dengan nama Steve Siro Vai pada tanggal 6 Juni 1960 di Carle Place, New York Amerika Serikat. Pada usia 6 tahun, Steve mulai belajar piano. Pada usia 10 tahun, Steve mulai belajar bermain akordeon. Pada usia 13 tahun Steve kemudian mulai mendalami gitar. Pada tahun 1974, ia mengambil pelajaran gitar dari gitaris Joe Satriani.

Ia mengakui terpengaruh oleh gitaris Jeff Beck, Jimmy Page, Glen Buxton, dan gitaris jazz fusion Allan Holdsworth. Vai mengambil pelajaran di Berklee College of Music, kemudian merekam sebuah musik promosi untuk mengikuti audisi untuk Frank Zappa pada usia dua puluh tahun. Vai mengirimkan sebuah transkrip berjudul "The Black Page" kepada Frank Zappa, sebuah instrumental untuk drum, bersama dengan sebuah tape berisi permainan gitar Steve. Zappa sangat terkesan dan pada tahun 1979, ia menyewanya untuk menuliskan sejumlah solo gitar nya, antara lain di album Joe's Garage dan seri album Shut 'n' Up Play Yer Guitar. Transkripsi ini diterbitkan pada tahun 1982 di The Frank Zappa Guitar Book.

Setelah dipekerjakan sebagai seorang anggota, Vai melakukan overdub di banyak bagian gitar untuk album Zappa You Are What You Is. Setelah itu ia menjadi anggota band penuh, melaukan tur pertamanya dengan Zappa pada musim gugur 1980. Salah satu pertunjukan dimana Vai bermain gitar, berjudul Buffalo, dirilis pada tahun 2007. Saat tur dengan band Zappa, Vai kadang-kadang meminta penonton untuk membawa skor musik dan melihat apakah ia bisa melihat-membacanya di tempat. Zappa menyebut Vai sebagai "virtuoso Italia kecil"-nya dan sering melakukan "gitar stunt" atau "bagian gitar yang mustahil." Vai tampil sebagai bintang tamu pada rekaman Zappa's Universe tahun 1993. Pada tahun 2006 ia kembali ke musik Frank Zappa sebagai tamu khusus pada tur 'Zappa Plays Zappa' milik Dweezil Zappa, bersama teman-teman dari tahun-tahun awal dengan Frank Zappa.


Setelah meninggalkan Zappa pada tahun 1982 ia pindah ke California, di mana ia merekam album pertamanya, Flex-Able, pada tahun 1983 dantampil di beberapa band. Pada tahun 1985 ia menggantikan Yngwie Malmsteen sebagai gitaris dalam band bentukan Graham Bonnet, Alcatrazz, dimana ia merekam album Disturbing The Peace. Kemudian pada tahun 1985, ia bergabung dengan kelompok mantan vokalis Van Halen David Lee Roth untuk merekam album Eat 'Em and Smile dan Skyscraper.


Pada tahun 1986, Vai bermain dengan Public Image Ltd bentukan John Lydon pada album berjudul 'album'. Kemudian, pada tahun 1989, Vai bergabung dengan Whitesnake, menggantikan Vivian Campbell. Kemudian ketika Adrian Vandenberg cedera pergelangan tangannya tak lama sebelum merekam album Slip Of The Tongue, Vai memainkan semua bagian gitar. Vai juga bermain di album Alice Cooper Hey Stoopid, bersama dengan Joe Satriani pada lagu 'Feed My Frankenstein'.



Vai terus tur secara teratur, dengan kelompok sendiri dan sesekali dengan guru-nya dan sesama teman instrumentalis gitar Joe Satriani pada seri tur G3. Mantan basis David Lee Roth dan Mr Big, Billy Sheehan juga bergabung dengannya untuk tur dunia. Di tahun 1990, Steve merilis album kedua yang berjudul Passion and Warfare yang terkenal itu. Album ini mendapat pengakuan internasional dan Steve memenangkan polling pembaca majalah Guitar Player dalam 4 kategori yang berbeda.


Lagu "For The Love Of God" ada di posisi # 29 dalam jajak pendapat pembaca Guitar World Magazine dalam '100 solo gitar terbaik sepanjang masa'. Pada tahun 1994 Vai mulai menulis dan rekaman dengan Ozzy Osbourne. Hanya satu lagu dari sesi ini, "My Little Man", dirilis pada album Ozzmosis. Meskipun Vai menuliskan alur musik ia tidak muncul di album, bagian gitarnya digantikan oleh Zakk Wylde. Lagu lain, "Dyin' Day", muncul sebagai instrumental milik Vai di album Fire Garden. Anggota band Vai di 90-an terdiri dari drummer Mike Mangini, gitaris Mike Keneally, dan bassist Philip Bynoe. Pada tahun 1994 Vai menerima Grammy Award untuk penampilannya pada lagu Frank Zappa 'Sofa' dari album Zappa's Universe.


Album ketiga berjudul Sex & Religion dirilis pada tahun 1993 dan keempat album Alien Love Secrets dirilis pada tahun 1995. Pada tahun 1996 album kelima Fire Garden dirilis.

Pada tahun 1999, Steve meluncurkan album keenamnya yang berjudul Ultra Zone. Dalam album ini Steve lebih banyak memfokuskan dirinya dalam komposisi lagu dan bereksperimen dengan gitarnya. Album The Seventh Song dirilis pada tahun 2001 dan album berisi lagu yang pernah dirilis Steve dengan ditambah beberapa lagu baru. Dan pada tahun 2001, sebuah album live, Alive In an Ultra World dirilis.



Steve Vai merilis DVD Live At The Astoria London pada Desember 2001. DVD ini menampilkan Billy Sheehan, gitaris/pianis Tony MacAlpine, gitaris Dave Weiner, dan drummer Australia Virgil Donati. Pada bulan Juli 2002, Steve Vai tampil dengan Tokyo Metropolitan Symphony Orchestra di Suntory Hall di Tokyo, Jepang, di premier komposer dunia Fire String milik Ichiro Nodaira, sebuah konserto untuk gitar listrik dan orkestra berisi 100 orang.

Pada tahun 2004, sejumlah komposisi dan musik orkestra termasuk beberapa musik yang direkam sebelumnya, ditampilkan di Belanda oleh Metropole Orchestra dalam serangkaian konser berjudul The Sick Hunger. Pada tahun 2003, drummer Jeremy Colson bergabung dengan band Vai, menggantikan Virgil Donati. Album terbaru, Sound Theories, dirilis pada tahun 2007. Pada bulan Februari 2005, Vai menampilkan peerdana gitar-ganda (elektrik dan klasik) yang ia sebut Suite Blossom, dengan gitaris klasik Sharon Isbin di Teater Châtelet di Paris. Pada tahun 2006, Vai bermain sebagai gitaris tamu istimewa bersama anggota band tamu tambahan Zappa, drummer Terry Bozzio, gitaris-penyanyi Ray White, dan pemain saksofon-penyanyi Napoleon Murphy Brock dalam tur "Plays Zappa Zappa" yang dipimpin oleh putra Frank Dweezil Zappa di Eropa dan AS pada musim semi, serta tur pendek di AS pada bulan Oktober.




Pada tanggal 21 September 2006, Vai membuat penampilan khusus di konser Video Games Live di Hollywood Bowl di Hollywood, California. Ia bermain dua lagu dengan Hollywood Bowl Orchestra, Halo Theme, dan sebuah lagu kedua untuk trailer utama dunia untuk Halo 3. Steve Vai tampil di London Guitar Show di tahun 2007, 28 April 2007 di Excel Center. Pada akhir April 2007, Vai mengkonfirmasikan untuk merilis album, Sound Theories, pada tanggal 26 Juni. Rilisan yang terdiri dua-CD, sebagian besar materi yang pernah dirilis sebelumnya yang Vai rilis ulang dan dimainkan dengan orkestra penuh.
 


Vai mengatakan proyek tersebut merupakan kegembiraan besar karena dia menganggap dirinya seorang komposer lebih dari gitaris, dan dia senang melihat musiknya dimainkan oleh sebuah orkestra dengan baik. Sebuah DVD dirilis juga. Dia menjadi bintang tamu di album Dream Theater, Systematic Chaos, pada lagu "Repentance". Dia menyumbangkan suaranya, dimana Vai hanya salah satu tamu yang direkam. Lagu ini memiliki kontribusi dari banyak seniman, dengan tujuan meminta maaf kepada orang-orang penting dalam hidup mereka untuk kesalahan yang dilakukan di masa lalu mereka. Pada tanggal 29 Agustus 2009, ia muncul di panggung dengan Dream Theater selama pertunjukan akhir tur Progressive Nation mereka di Greek Theater, di mana ia tampil dengan para musisi lain dalam tur. Majalah Broken Records (Volume 1, Edisi 3) mengutip Vai yang mengatakan, "Saya menikmati untuk menantang diri dengan ide-ide baru yang saya percaya unik."
 

Pada tahun 2010, Vai merilis beberapa trek singel "VaiTunes" yang direkam sebelumnya dan kemudian selesai. Mereka tersedia di www.vai.com, iTunes dan Amazon.com. Pada tanggal 14 September 2010, Steve merilis "Where The Wild Things Are" sebagai vinyl ganda melalui labelnya Favored Nations dan membuat penampilan tamu dengan Rickey Minor dan The Tonight Show Band di NBC. Pada bulan Oktober, 2010 Steve menyelesaikan simfoni penuh pertama dan menampilkannya di Steve Vai Festival yang menampilkan Vai dan the North Netherlands Symphony Orchestra (NNO) pada 20-24 Oktober, 2010. Segera setelah tampil di Belanda, Steve tampil di AS sebagai penampil utama dalam "Hendrix Experience Tour" yang menampilkan Eric Johnson, Kenny Wayne Shephard, Susan Tedeschi, Billy Cox, Vernon Reid, Robert Randolph, Johnny Lang, Brad Whitford dan gitaris kelas atas lainnya.


Pada tahun 2013, Vai tampil dalam album milik band Iwrestledabearonce yang berjudul Late For Nothing, tampil pada lagu "Carnage Asada".

Vai menikah dengan Pia Maiocco, mantan pemain bass Vixen dan memiliki dua orang anak. Steve Vai juga memproduksi 2 album Natal yang berjudul “Merry Axemas” Vol.1 dan Vol.2, membentuk konser G3 dengan
Joe Satriani, Yngwie Malmsteen dan Eric Johnson, Kenny Wayne Shepherd dan terakhir John Petrucci juga bergabung dalam G3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...